Cara Membuat Tombol Run Macro di Excel 2010

Kalau kita sudah membuat program macro. kita ingin menaruhnya shortcutnya di bagian toolbar excel gimana caranya. 1. buka file excel –> Option 2.Dibagian kiri pilih command from Macros. bagian kanan pilih tab Developer –> New Group (jika ingin ditaruh di tab Developer) 3.Dibagian kiri ada list program-program macro yang bisa kita buat shortcutnya. dibagian kanan… Continue reading Cara Membuat Tombol Run Macro di Excel 2010

Left Search di Excel 2010

Baru di kasih kasus ama temen kayak gini. di cell A1 ada data seperti ini 2RT  35T/7    60T/14  110T/20  100T/20 kemudian yang diperlukan cuma 2RT 35T. karakter selebihnya tidak dibutuhkan.masalahnya sebelum ‘/’ tidak pasti berapa karakter. pokoknya cari tanda ‘/’ kemudian pas ketemu langsung ambil semua karakter didepannya caranya mudah : logikannya kan rumusnya gini… Continue reading Left Search di Excel 2010

Rank Unik di Excel supaya tidak dobel atau duplikat

source : https://www.extendoffice.com/documents/excel/2512-excel-unique-rank.html Kalau kita pakai rank di excel dengan maksud mengurutkan dari yang terkecil ke terbesar tanpa harus sort dulu kita bisa menggunaka rank. ternyata kalo menggunakan rank seperti gambar di bawah ini. jika ada nilai yang sama maka rank akan dobel dan rank berikutnya tidak akan ada. rumus : =RANK(C3,$C$3:$C$12,1) untuk mengakalinya kita… Continue reading Rank Unik di Excel supaya tidak dobel atau duplikat